Beranda > Artikel, dari lapangan, photo voice > Banjir kiriman

Banjir kiriman

Seminggu minggu ini, Palangkaraya mulai kesulitan bahan bakar akibat terhambatnya pasokan bahan bakar yang di kirimkan dari Banjarmasin. Hujan yang berlangsung 2 mingguan lalu, ternyata baru dirasakand ampaknya 2 minggu kemudian. Banjir kiriman memenuhi ruas jalan di desa tumbang nusa.

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, telah memiliki solusi adaptasi terhadap kondisi tahunan ini. Dengan membangun jalan beton lebih dari 11 kilometer untuk memastikan lancarnya transportasi di ruas jalan ini di musim hujan / banjir. NAmun sayang, tiga kilometer ruas jalan yang baru dari 11 kilometer yang direncanakan belum selesai hingga awal bulan Februari 2013. Sambungan antara jalan lama dan jalan baru belu cukup kering untuk di lalui kendaraan. tumbangnusa

 

Desa Tumang Nusa secara grografis merupakan ceruk bergambut yang memang lebih rendah dari sekitarnya. dan menjadi kolam penampungan limpahan dari hulu sebelum disalurkan perlahan menuju laut.

Dimusim kering, resiko kebarakan hutan dan lahan gambut cukup tinggi karena muka air akan turun cuku dalam dan menghasilkan gambut kering yang mudah terbakar.

DSCN6258 DSCN6273 DSCN6274

Ternyata, banjirpun memberikan pilihan alternatif pendapatan bagi masyarakat setempat. Adaptasi cepat yang dilakukan masyarakat sekitar, bersambut dengan kebutuhan pelintas Palangkaraya – Pulang Pisau berbuah pendapatan bagi warga. lumayan, 30 ribu rupaih sekali jalan untuk masing masing motor.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: